Toleransi To 


Toleransi sebuah kata sakral yang memiliki fungsi menjaga kedamaian di dunia. Apapun bahasanya toleransi merujuk pada saling menghargai, saling mengalah pada yang lebih penting dan saling interospeksi diri dari segala khilaf yang dilakukan oleh antar golongan. 

Alih-alih menjadi kata pemersatu di negeri ini toleransi kini menjadi kata yang sensitif bagi sebagian telinga masyarakat. Golongan satu menyerang golongan lain dengan dalih tidak menunjukkan toleransi atas keyakinannya. Golongan satu melarang kaumnya untuk bertoleransi pada golongan lain dengan dalih bisa melemahkan golongannya. Omong kosong bung ! Negeri ini dibangun atas keberagaman ! Toleransi adalah bentuk pengejawantahan dari Bhinneka Tunggal Ika. 

Toleransi kini mengalami penyempitan makna. Jika dirimu menghargai diriku lebih dulu maka aku layak mentolerir dirimu. Jika tidak ya tidak. Sungguh ironi. Bagaimana jika semua orang berfikir seperti itu? Seolah bumi hanya milikmu saja. Tuhan menciptakan banyak keyakinan dan budaya untuk belajar tentang keberagaman. 

Semoga toleransi akan terus ada di negeri ini.  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s